8 Trik Untuk Cegah Obesitas Pada Anak

Categories: Health
No Comments
loading...

Kurang lebih sekitar 14% dari seluruh anak di bumi ini mengalami kelebihan berat badan atau yang sering disebut sebagai obesitas pada anak. Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) 2013, terdapat sekitar 18,8% anak usia 5-12 tahun yang mengalami masalah kelebihan berat badan. Sedangkan jumlah anak yang mengalami obesitas ada sekitar 10,8%.

Pengertian Obesitas sendiri merupakan penumpukan lemak yang berlebihan yang dikarenakan tidak seimbangnya asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu yang lama. Obesitas sebenarnya merupakan penyakit yang tidak menular (PTM). Walaupun demikian, jika terjadi kasus obesitas pada anak maka tidak menutup kemungkinan akan berpeluang untuk menjadi penyakit yang serius pada masa dewasanya.

obesitas pada anak

Ketika seseorang mengalami obesitas maka biasanya akan diikuti dengan sedentary life yang merupakan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) seperti : hipertensi, diabetes militus, penyebab penyakit jantung, kanker, dan stroke.

Bagaimana Mengatasi Obesitas Pada Anak

Untuk mencegah terjadinya obesitas pada anak Anda berikut ada 9 cara yang dapat Anda tempuh :

  1. Hindari makan sambil menonton televisi. Aktifitas ini dapat memicu anak untuk mengemil makanan yang banyak kandungan lemak serta gula.
  2. Batasi penggunaan gadget dan sejenisnya karena kegiatan tersebut akan membuat anak menjadi malas untuk bergerak.
  3. Perbanyak aktivitas di luar ruangan. Semakin banyak aktifitas maka lemak dalam tubuh akan di bakar sehingga tidak menumpuk dan memicu obesitas pada anak.
  4. Budayakan makan bersama keluarga. Hal ini membuat anak agar memakan makanan yang sehat serta menghindari jajan di luar rumah.
  5. Biasakan untuk rutin sarapan sehat setiap paginya. Sarapan yang sehat akan membuat perut anak lebih mampu menahan lapar sampai siang. Dengan demikian anak tidak tertarik untuk jajan lagi hingga sampai di rumah.
  6. Hindari mengkonsumsi makanan siap saji yang tinggi kandungan lemak, gula, serta garam.
  7. Perbanyaklah menu makanan yang kaya akan sayuran dan buah. Serat yang terdapat pada sayuran dan buah akan memberikan rasa kenyang lebih lama di perut, sedangkan kandungan gula pada kedua makanan tersebut termasuk rendah.
  8. Kurangi atau bahkan hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung soda. Umumnya kandungan gula dalam minuman soda tergolong cukup tinggi.
loading...

Incoming :

Kegiatan hindari obesitas,

Your Thoughts