Bayi Sering Menangis Saat Diberi ASI Ini Sebabnya

Categories: Health
No Comments
loading...
loading...

Pada umumnya bayi sering menangis dikarenakan lapar atau haus, sehingga sewaktu di beri ASI semestinya si bayi akan merasa nyaman. Namun yang sering juga menjadi pertanyaan adalah kenapa bayi masih tetap menangis padahal sudah diberikan ASI. Tentunya jika hal tersebut terjadi, kemungkinan ini yang menjadi alasannya. Seringkali bayi yang merasakan lapar juga akan menangis, namun si bayi akan tenang sewaktu ibu memberikan dia ASI. Akan tetapi terkadang bayi terus menerus nangis meskipun saat sedang menyusui. Jika anda mengalami hal itu, tentunya tidak usah bingung, karena ada beberapa penyebab yang membuat bayi terus menangis meski saat sedang menyusui. Berikut penjelasannya!

Bayi Sering Menangis Saat Diberikan ASI Lakukan Ini

Penyebab Bayi Sering Menangis Saat Diberikan ASI

Kurangnya jumlah ASI

Bayi memang akan memberikan sinyal bahwa dia lapar, dia haus atau merasakan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman , pasti dia akan menangis. Jika bayi sedang menyusu dan air susu yang keluar jumlahnya sangat terbatas bayipun bisa kesal dibuatnya. Jumlah asi yang keluar dalam jumlah yang kurang akan membuat bayi cepat lapar dan menyebabkan bayi anda rewel. Untuk mengatasi hal tersebut ibu perlu mencari tahu bagaimana supaya asi ibu bisa keluar dalam jumlah yang maksimum, sebelum ibu memutuskan untuk menggantinya dengan susu formula.

ASI yang berlebihan

Ketika anda sedang menyusui terkadang bayi tiba – tiba batuk dan menangis, ada kemungkinan bahwa ASI yang anda keluarkan terlalu berlebih. Hal ini mengakibatkan bayi sulit untuk menelan jumlah asi yang terlalu banyak didalam mulutnya. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mencoba untuk menyusui dengan cara membaringkan bayi, kemudian sesudah itu secara perlahan pindahkan pada posisi duduk. Dan pastikanlah anda sudah memberikan ruang supaya bayi tetap dapat bernapas dengan lebih lega. Yang perlu kamu ingat, jangan sekali-kali mencoba untuk memberikan ASI ke bayi pada posisi bayi lebih tinggi, sebab hal itu bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan bayi.

Adanya alergi

Kita tahu jelas bahwa asi merupakan zat yang sangat terjaga keseterilannya sehingga sangat sedikit kasus bahwa asi dapat membuat alergi pada bayi. Namun ada juga beberapa kasus yang menyebutkan bahwa jika setelah bayi disusui lalu timbul reaksi yang menunjukan adanya alergi. Itu berarti merupakan pertanda bahwa ada yang salah pada asi ibu. Cobalah untuk mengecek apa saja yang telah dikonsumsi karena bayi terkadang alergi terhadap beberapa zat yang terkandung pada makanan yang di makan ibunya.

Penyebab Bayi Sering Menangis Saat Diberikan ASI

Posisi tidak nyaman

Usahakan untuk membuat posisi yang nyaman ketika sedang menyusui. Posisi yang salah akan membuat bayi anda rewel dan terus menangis karena ia merasa ketidaknyamanan. Maka cobalah untuk mengganti posisi sampai ibu dan bayi merasa nyaman.

Gangguan pada lambung

Jika anda sering mendapati bayi anda meludah serta terjadi bau mulut maka segeralah membawa anak anda ke dokter. Hal tersebut bisa menjadi tanda adanya gangguan pada lambungnya istilah lain bayi anda terkena GRED atau asam lambung.

Dari beberapa penyebab bayi sering menangis di atas mungkin masih banyak hal lain yang bisa menyebabkan bayi anda rewel saat disusui. Cobalah untuk belajar mencari penyebabnya karena hanya ibu yang bisa lebih peka terhadap kondisi dan situasi pada bayi.

loading...

Related Post

loading...

Your Thoughts

two × three =